Antisipasi Pengemudi Mabuk Narkoba, Perlu Digalakkan Breath Test - susnoduadji.com

susnoduadji.com

 

Antisipasi Pengemudi Mabuk Narkoba, Perlu Digalakkan Breath Test

Addthis

 

Jakarta Sudah seharusnya pihak kepolisian menerapkan Breath Test dalam setiap razia pengendara mobil di malam hari. Razia ini diyakini akan mampu mengurangi pengemudi yang berkendaran dalam pengaruh narkoba.
"Sudah waktunya, Breath Test diterapkan sebagai razia rutin di malam hari," ujar mantan Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Susno Duadji, dalam surat elektroniknya, Selasa (24/1/2012).
Susno meyakini, jika tes ini akan mampu mengurangi pengemudi yang terpengaruh alkohol dan narkoba. Razia ini akan membuat kesadaran sendiri di dalam masyarakat.

"Masyarakat akan mengapresiasi upaya aparat untuk mengawasi pengemudi yang tidak bertanggung jawab sehingga membuat masyarakat ikut tenang dari ancaman serupa terjadi," terangnya lagi.

Bukan hanya untuk warga, Susno juga menilai tes ini layak diterapkan untuk pihak kepolisian. Supaya polisi lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.


"Aparat kepolisian juga perlu menjalankan razia ini dengan tanggung jawab agar upaya untuk mencegah kecelakaan lalu lintas meningkat," tegasnya.

Sebelumnya, mobil Xenia yang dikendarai oleh Afriyani Susanti menabrak pejalan kaki di Tugu Tani, Jakarta, Minggu (21/1) lalu. Peristiwa ini mengakibatkan sembilan nyawa melayang. Saat mengendarai mobil itu, Afriyani tengah dalam pengaruh pil ekstasi.
Susno juga tidak lupa menyampaikan perasaan dukanya yang mendalam terhadap korban-korban. "Saya turut berduka cita atas kematian pejalan kaki innocent yang ditabrak oleh pengemudi Xenia," jelasnya.
(mok/feb) 

sumber: detik news

 

You are here: Home Berita SD Antisipasi Pengemudi Mabuk Narkoba, Perlu Digalakkan Breath Test