Mereka Menuduh Saya - susnoduadji.com

susnoduadji.com

 

Mereka Menuduh Saya

Addthis

     "Saya sekarang hanya bisa mengadu pada Tuhan. Sampai saya memohon pada Tuhan cabutlah nyawa saya jika saya melakukan seperti yang dituduhkan pada saya." Ekspresi kekecewaan nyata jelas tersurat dalam kata-kata Komjen Pol Susno Duadji. Kata-kata itu tercetus manakala pimpinan Polri melarang dirinya untuk buka suara di media. Padahal suara hati Susno ingin berontak, ia ingin meluruskan segala tuduhan dan kecaman yang dialamatkan pada dirinya terkait pemindanaan pimpinan KPK Bibit-Chandra dan ikut membantu mencairkan nasabah kakap Bank Century yakni Budi Sampoerna. Semakin Susno menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya, semakin kencang pula dirinya dihajar oleh gelombang hujatan hingga berujung pada tuntutan pencopotan dirinya sebagai Kabareskrim Mabes Polri.

Tekanan publik memanas, klimaksnya pada 24 November 2009, melalui Surat Keputusan No. 618/IX tanggal 24 November 2009, Susno resmi dicopot dari jabatan Kepala Bareskrim Mabes Polri. Padahal atas kasusnya, Susno dinyatakan tidak bersalah oleh Inspektorat Pengawasan Umum Polri. Sejatinya, tanpa dicopot pun, Susno berniat mengundurkan diri akibat tekanan publik.

Tak hanya kalangan kebanyakan, sejumlah tokoh nasional pun turut bereaksi keras. Namun situasi berubah 180 derajat, lambat laun, tudingan menjelma jadi dukungan. Secara terang-terangan, Adnan Buyung Nasution yang awalnya ikut mengarahkan jari telunjuknya ke hidung Susno akhirnya yakin bahwa Susno memang tak bersalah. Gayung pun bersambut, pihak-pihak yang dulu kontra sekarang berbalik mendukung Susno. Ada apa gerangan? Apakah dukungan itu tak lepas dari keberpihakan publik yang akhirnya meyakini Susno hanyalah korban dari sebuah skenario?

Susno berusaha memaklumi mengapa masyarakat tidak percaya pada klarifikasinya. Dirinya sadar bahwa ketidakpercayaan itu berpangkal pada profesinya sebagai polisi. Sudah bukan rahasia lagi, institusi Polri terlanjur dipandang negatif gara-gara isu suap yang dilakukan oknum polisi. Tak heran Susno pun kecewa pada dirinya sendiri dengan melontarkan ujaran," Saya tidak kecewa pada polisi, tapi saya kecewa pada diri saya karena saya pilih jadi polisi."

Sumber: bukukita

You are here: Home Buku Mereka Menuduh Saya