Resolusi 2012: Susno Duadji - susnoduadji.com

susnoduadji.com

 

Resolusi 2012: Susno Duadji

Addthis
Tidak hanya harapan pribadi saya, banyak anak bangsa berharap sebagai wujud kecintaan kepada negara dan bangsa ini agar kehidupan berbangsa dan bernegara di tahun 2012 jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk melakukan perbaikan dan perubahan tersebut, selain upaya yang serius kita juga wajib berdo'a dan berserah diri kepada Allah SWT agar apa yang kita harapkan mendapat ridhoNya.

 

Dalam bidang ekonomi, kita harus memperbaiki kebijakan nasional di bidang moneter, fiskal dan politik hukum ekonomi kita agar uang yang dihasilkan dari kegiatan ekonomi di negeri ini tidak lari memperkaya dan mensejahterakan negara asing.
 

Dalam bidang politik, perbaiki pemahaman dan penerapan demokrasi di kalangan elit politik dan penyelenggara negara, harus disadari bahwa rakyat adalah pemegang kedaulatan tertinggi dan rakyat adalah pemilik negara ini. Oleh karenanya, setiap tindakan harus memihak pada rakyat, tidak boleh ada rakyat yang takut hidup di negerinya sendiri.

Dalam bidang pertahanan, kita harus segera mengevaluasi kembali kebijakan nasional kita terkait dengan modernisasi persenjataan dan peralatan, pembangunan kawasan perbatasan sebagai halaman depan dari negara ini. Tanamkan sedini mungkin jiwa dan kecintaan pada NKRI pada setiap elemen bangsa agar bangsa Indonesia mempunyai harga diri dan dihormati di fora internasional.

Dalam bidang sosial, bangsa kita sudah terlalu lelah dengan konflik sosial khususnya antar agama, suku dan ras. Harus menjadi prioritas khusus untuk dituntaskan, kita harus tanamkan dan hormati nilai-nilai persatuan dan kesatuan persaudaraan dalam kehidupan pluralis dengan memegang teguh dan mengaflikasikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam bidang hukum, kekecewaan terbesar anak bangsa adalah pada praktek penegakan hukum yang jauh dari rasa keadilan dengan adanya tudingan hukum memihak pada penguasa, tebang pilih dan isu rekayasa perkara. Tahun 2012 prioritas utama adalah menjadikan aparat hukum yang mandiri bebas dari campur tangan siapapun. Kebenaran yang berkeadilan harus ditegakan oleh kekuasaan kehakiman yang bebas dan bertanggungjawab kepada Tuhan YME.

sumber: waspada
You are here: Home Catatan Resolusi 2012: Susno Duadji