Puasa, Proklamasi, dan Korupsi - susnoduadji.com

susnoduadji.com

 

Puasa, Proklamasi, dan Korupsi

Addthis

Insyaallah tiga hari lagi ibadah puasa kita akan berakhir dan kita akan menyambut hari raya idul fitri, raya raya kemenangan setelah satu bulan penuh kita berperang melawan hawa nafsu, haus dan lapar. Tentunya harapan kita semua amal, ibadah dan puasa kita selama bulan ramadhan diterima Allah Swt, aamiin.

Puasa melatih kita bukan hanya berperang melawan haus dan lapar, tapi melawan nafsu duniawi yang akan menyesatkan kehidupan kita yang dicerminkan oleh prilaku ; sombong, iri, kebencian, ketamakan, kerakusan , pemujaan terhadap yang bersifat duniawi seperti harta, pangkat, kekuasaan dan jabatan.

 Selama bulan puasa kita melatih diri untuk merasakan bagaimana derita simiskin yang setiap hari menhan haus dan lapar yang belum tentu kapan akan bertemu dengan makanan dan minuman, kita dilatih untuk peduli dengan orang yang hidup dalam kekurangan dengan cara menyumbangkan sebagaian dari harta yang kita miliki, kita diwajibkan untuk mebayar zakat dan fitra.

Dengan berpuasa kita dilatih untuk mengendalikan dan mengilangkan sifat tamak dan serakah, yang dalam kehidupun sehari-hari kita masih menyaksikan orang "terhormat" berprilaku korupsi, mengambil hak rakyat miskin, hak anak-anak, hak kaum du'afa. Puasa melatih kita menjauhkan diri dari ketamakan gerlap duniawi.

Satu hari lagi kita akan merayakan hari kemerdekaan Rublik Indonesia yang ke 67 , dan ternyata Kemerdekaan negara kita dari penjajah diproklamasikan 67 tahun yang lalu sama hari, tanggal, dan suasananya dengan tahun ini, yaitu ; hari Jum'at, bulan puasa, peristiwa ini sungguh bersejarah hendaknya kita maknai sebagai peringatan bagi kita semua bahwa perayaan hari proklamasi tahun ini dalam suasana bulan suci Ramadhan sebagai pertanda kebangkitan Indonesia menuju Indonesia zaman keemasan.

Hal ini akan terwujud manakala kita semua bekerja keras, tekun dan bertekad yang sama ; PERANG TERHADAP KORUPSI dan PERANG TERHADAP HAWA NAFSU JAHAT.

Mehon ma'af lahir batin, MERDEKA !!!

You are here: Home Catatan Puasa, Proklamasi, dan Korupsi