Demokrat Sulit Koalisi dengan Golkar

JAKARTA - Peta koalisi jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mulai teraba. Partai Demokrat yang hanya memperoleh suara di kisaran 9 persen versi hitung cepat harus berkoalisi untuk bisa mengusung presiden.
 
Pakar komunikasi politik, Lely Arrianie, mengatakan, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah menyatakan ada dua kemungkinan yang akan dilakukan, yakni berkoalisi atau menjadi oposisi.
 
"Kalau pun mengambil sikap berkoalisi hendaknya Partai Demokrat bisa membaca empati publik," ungkap Lely saat berbincang dengan kami, Senin (14/4/2014).
 
Ia menambahkan, biasanya koalisi dilakukan karena ada kesamaan platform, persepsi, sikap, dan pandangan terhadap kehidupan negara ke depan. Selain itu, koalisi juga disebabkan adanya chemistry.
 
"Saya melihat mereka akan berkoalisi dengan Gerindra. Sebab, Demokratchemistry-nya dapat dengan Gerindra. Kalau dengan PDIP sudah ada soal masa lalu yang agaknya sulit cair," terangnya.
 
Ia menilai, Partai Demokrat tak akan berkoalisi kembali dengan Partai Golkar. Sebab, partai berlambang pohon beringin itu kerap bermain dua kaki.
 
"Kalau dengan Golkar agak berat. Partai Golkar bisa besar, tapi capresnya enggak mengangkat. Selain itu, pengalaman berkoalisi, kayaknya terlihat Golkar bermain dua kaki," tutupnya.

Sumber : okezone

Belum Ada Aturan Kampanye di Sosmed, Bawaslu: Tolong Jangan Saling Serang

Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan kampanye di sosial media sangat keras dan tak sedikit yang berisi saling hindar dan saling menyerang. Kampanye di media sosial juga tak terbendung karena belum ada aturan atau regulasi terkait hal ini.

"Tidak diatur mengenai itu, karena kalau pun ada aturan kampanye di sosial media, penerapannya sulit," kata Komisioner Bawaslu Nelson Simanjuntak kepada detikcom, Rabu (2/4/2014).

Ditanya Twit #MelawanLupa Fahri, Jokowi: Saya Tidak Pintar Debat

Jakarta - Calon presiden yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Joko Widodo, mengaku heran banyaknya serangan lawan politik yang diarahkan kepadanya.

"Saya heran tiap hari saya diserang terus, ngomong mengenai kekurangan saya," Jokowi di Balai Kota Jakarta, Senin, 24 Maret 2014.
 
Menurut dia, seharusnya para lawan politiknya itu bicara yang baik-baik saja, yang berisi bagaimana agar bangsa ini baik.

KPU Siap Hentikan Kampanye Partai yang Langgar Aturan

Jakarta - Sejauh ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menerima rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait partai-partai yang melanggar aturan kampanye terbuka, seperti melibatkan anak. Namun, KPU menyatakan siap melaksanakan rekomendasi Bawaslu. 

"Posisi KPU, rekomendasi Bawaslu wajib diikuti, berarti akan dijalankan. Apapun rekomendasi Bawaslu, KPU siap mengeksekusinya," kata anggota KPU Sigit Pamungkas di kantornya, Jakarta, Jumat 21 Maret 2014.

Peta Potensi Koalisi Parpol setelah Gugatan Yusril Ditolak MK

Jakarta - Putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak uji materi Undang-undang Pemilihan Presiden yang diajukan calon presiden dari Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendradisikapi beragam oleh partai politik. 

Menurut Ketua DPP PAN, Tjatur Sapto Edy, putusan MK membuat Pilpres 2014 mendatang hanya akan diikuti oleh tiga pasang, atau paling banyak empat pasangan calon presiden-cawapres. Partai-partai dengan demikian diharuskan membangun koalisi.

Kesepakatan Batu Tulis Diharapkan Tak Ganggu Fokus Gerindra

JAKARTA - Pengusungan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Calon Presiden dinilai telah mengkhianati kesepakatan antara Partai Gerindra dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Batu Tulis pada 2009 lalu. 

Pengamat Politik Charta Politika, Arya Fernandes, menilai keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang memberikan mandat kepada Jokowi untuk memperebutkan kursi RI 1 tidak bisa disebut pengkhianatan. 

Referensi Buku

Mereka Menuduh Saya
Mereka Menuduh Saya

     "Saya sekarang hanya bisa mengadu pada Tuhan. Sampai saya memohon pada Tuhan cabutlah nyawa saya jika [ ... ]

Bukan Testimoni Susno
Bukan Testimoni Susno

 Judul diatas dikutip dari judul buku terbitan Gramedia Pustaka Utama yang ditulis oleh IzHarry Agusjaya Moen [ ... ]

You are here: Home