Ini Harapan Susno Duadji untuk Kabareskrim yang Baru - susnoduadji.com

susnoduadji.com

 

Ini Harapan Susno Duadji untuk Kabareskrim yang Baru

Addthis

YOGYA - Mabes Polri akan segera memiliki Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) yang baru, Irjen Ari Dono yang sebelumnya menjabat Wakabareskrim akan naik guna menggantikan Komjen Anang Iskandar yang memasuki masa pensiun.

Pergantian ini juga menarik perhatian mantan Kabareskrim Polri Komjen (purn) Susno Duadji, dalam perbincangannya dengan Tribunjogja.com.

Susno menungungkapkan saat ini tantangan Bareskrim ke depan makin berat."Tantangan ke depan adalah bagaimana mensinkronkan kerjasama yang baik antar penegak hukum, bareskrim dengan KPK Kejagung MA dan penyidik PNS," urainya.

 

Dia menambahkan bahwa antar satu dan lain institusi tidak boleh saling melangkahi kewenangan namun harus memastikan dapat bekerjasama dengan efektif.

"Masing-masing berada di posisi masing-masinh tidak saling campuri tapi bersinergi menangkap kejahatan besar ekstraordinari yang butuh kerjasama seperti korupsi, kejahatan kerah putih dan lainny," tambah Susno.

Selain itu kabareskrim yang baru juga diharapkannya mampu melakukan kontrol internal yang baik termasuk kepada jajaran di tingkat polda.

Salah satu yang diharapkannya adalah bareskrim mampu menjalankan sistem computerized dalam menangani berkas kasus agar tidak ada lagi kasus yang hilanng dan masyarakat bisa bebas mengaksesnya.

"Sudah bukan zamannya lagi kertas, sudah bukan jamannya lagi perkembangan kasus ditutup-tutupi. Kalau ada kasus hilang gak ada ujung pangkalnya kan kasihan masyarakat, jadi perkara harus transparan," tambahnya.

Mengenai sosok Irjen Ari Dono sendiri Susno mengenalnya secara personal karena tercatat dua kali menjadi bawahannya langsung.

Pertama saat Susno menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat tahun 2008, Ari Dono menjadi Wadireskrimum Polda Jabar.

Lalu saat Susno ditarik menjadi Kabareskrim Polri dia juga mengangkut Ari Dono yang juga pernah menjabata Direskrim Polda DIY ke Mabes Polri guna membantunya.

"Saya tau persis kualifikasinya bagus, dia bagus loyal. Semoga dia bisa membawa Bareskrim ke arah yang lebih baik lagi dari yang sudah-sudah," pungkasnya. 

Sumber : tribunjogja

You are here: Home Politik Ini Harapan Susno Duadji untuk Kabareskrim yang Baru