Sejarawan: Usulan Gelar Pahlawan Nasional untuk Soekarno & Hatta Tepat - susnoduadji.com

susnoduadji.com

 

Sejarawan: Usulan Gelar Pahlawan Nasional untuk Soekarno & Hatta Tepat

Addthis

JAKARTA, Sejarawan Indonesia, Anhar Gonggong, turut mendukung usulan pemberian gelar pahlawan nasional kepada mantan Presiden dan Wakil presiden RI pertama Soekarno dan M Hatta. Menurut Anhar, usulan PP Muhammadiyah ke MPR adalah tindakan yang tepat.

"Itu merupakan tindakan yang tepat, hak presiden menindaklanjuti atau tidak," kata Anhar Gonggong, saat berbincang dengan detikcom, Jumat (31/8/2012) malam.

Menurut Anhar, peran Soekarno dan Hatta dalam kemerdekaan Indonesia tak tergantikan. Dia berharap Presiden SBY mengabulkan usulan tersebut.

"Menurut saya kita semua kenal siapa Soekarno Hatta, Presiden tinggal usulkan saja ke dewan tanda-tanda kehormatan. Itu hak prerogatif Presiden kok, jadi selesai," ujarnya.

"Dewan tanda-tanda kehormatan kan ketuanya Menkopolhukam. Presiden langsung saja bergerak mengenai laporan Muhammadiyah. Lalu 10 november atau 28 oktober diberikan surat keputusan, ada piagam dan sebagainya sebagai pahlawan nasional. Akan tetapi dipisahkan dengan gelar sebagai proklamator," tambahnya.

Sebelumnya PP Muhammadiyah telah mengusulkan tiga nama kepada MPR untuk memperoleh gelar Pahlawan Nasional, yaitu Ki Bagus Hadikusumo, Kasman Singodimedjo, dan Abdoel Kahar Moezakir. Selain itu, Muhammadiyah juga akan mengusulkan agar Soekarno dan Hatta ditetapkan menjadi pahlawan nasional.

"Kita juga akan mengusulkan Bung Karno dan Bung Hatta," kata Ketua PP Muhammadiyah Abdul Fattah Wibisono, dalam audiensi dengan pimpinan MPR RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (31/8/2012).

 

Sumber : detik

You are here: Home Sosial Sejarawan: Usulan Gelar Pahlawan Nasional untuk Soekarno & Hatta Tepat