BNN : Kami Temukan Zat Baru, Bukan Narkoba Jenis Baru - susnoduadji.com

susnoduadji.com

 

BNN : Kami Temukan Zat Baru, Bukan Narkoba Jenis Baru

Addthis

 

 

 

JAKARTA, Kabag Humas BNN Sumirat Dwiyanto meluruskan pemberitaan mengenai cathinone yang sebelumnya disebut dikonsumsi oleh Raffi Ahmad. Menurutnya, Raffi tidak mengonsumsi cathinone, melainkan zat turunan cathinone.

“Dua orang itu (Raffi dan salah satu temannya) menggunakan zat baru yang disebut 3,4-methylenedioxymethcathinone. Itu bukan narkoba jenis baru, tapi zat baru,” kata Sumirat dalam konferensi pers di gedung BNN, Jakarta, Selasa 29 Januari 2013.

Saat ini BNN sedang mengkoordinasikan dengan pihak-pihak terkait masuk golongan manakah 3,4-methylenedioxymethcathinone ini, dan seperti apa efeknya. “Kami juga berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan karena zat ini merupakan turunan. Akan kami jelaskan lebih lanjut setelah mendapat keterangan dari Kemenkes dan BPOM,” ujar Sumirat.

Penggunaan 3,4-methylenedioxymethcathinone inilah yang tidak diatur dalam Undang-Undang Narkotika Tahun 2009. Cathinone sendiri adalah zat dasar 3,4-methylenedioxymethcathinone yang dilarang beredar bebas di sejumlah negara seperti Amerika Serikat dan Inggris.

Cara pemakaian 3,4-methylenedioxymethcathinone adalah dengan mencampurnya dengan minuman soda. Raffi Ahmad misalnya mencampur zat yang dikemas dalam bentuk kapsul ini dengan Sprite. Efek penggunaannya diduga bisa membuat pemakainya merasa segar dan tidak capai.

 

Sumber : vivanews

 

 

 

You are here: Home Sosial BNN : Kami Temukan Zat Baru, Bukan Narkoba Jenis Baru